Teknik Alat Berat

Home » Teknik Alat Berat

Teknik Alat Berat
Apa itu Teknik Alat Berat?

Teknik Alat Berat adalah suatu program studi yang mempelajari penerapan ilmu fisika dalam praktik mesin-mesin besar yang berfungsi untuk membantu kegiatan konstruksi. Mesin-mesin besar yang dimaksud adalah alat berat seperti escavator, bulldozer, grader, wheel loader, forklift, dan sebagainya. Pada program studi ini akan dipelajari teknik perancangan dan produksi alat berat, serta metode perawatannya.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Ini?

Sumber daya alam yang tersedia di muka bumi ini sangat berlimpah, dan untuk mengeksploitasinya manusia membutuhkan bantuan tenaga dari alat berat. Karenanya alat berat punya peranan yang penting dalam kegiatan pertambangan dan konstruksi. Kalau ingin mempelajari Teknik Alat Berat, tidak cukup dengan hanya suka matematika dan fisika, kamu juga harus punya fisik yang kuat. Nggak heran, bisa dibayangkan besarnya komponen-komponen mesin alat berat, kan?

Prospek Kerja Jurusan Teknik Alat Berat

Berbagai industri masih sangat membutuhkan tenaga ahli di bidang alat berat, bukan hanya sebagai operator, tapi juga sebagai tenaga maintenance, teknisi, dan manufaktur. Tenaga ahli di bidang alat berat nantinya akan dibutuhkan di perusahaan-perusahaan distributor alat berat, juga di bidang konstruksi dan pertambangan.

Apa yang dipelajari di jurusan ini ?

Mempelajari tentang sejarah mesin, pengertian dan definisi teknologi mesin diesel, macam-macam jenis dan tipe mesin, mampu memecah sebuah problem pada unit, serta menguasai cara perawatan dan pengoperasian unit sesuai SOP yang ada

Alasan kenapa memilih jurusan ini ?

Karena pada jurusan teknik alat berat ini dituntut untuk mampu memecahkan problem solving, dan harus mampu menguasai teknologi terbaru kan, serta dituntut untuk berfikir secara kritis dan inovatif dalam menyelesaikan sebuah problem solving.

Search

Kategori

Follow Us